Beranda SUBANG Ating Resmikan Program GISA

Ating Resmikan Program GISA

76
0

Ketertiban Adminduk akan mendukung kelancaran program dan kepentingan masyarakat.

BINONG- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang, melaksanakan launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Alun-alun Kecamatan Binong pada Senin (14/5).

Program tersebut sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 470/837/SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).sebagai upaya pemerintah dalam rangka penertiban dan sadar administerasi kependudukan, secara berkelanjutan.

Kepala Disdukcapil H. Dadang Kurnianudin mengatakan, program GISA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kepemilikan dokumen administrasi kependudukan sebagai identitas penduduk yang diperoleh dengan cepat, efektif serta efisien sehingga terbangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

“Adanya kesadaran tersebut diharapkan seluruh warga masyarakat memiliki dokumen administrasi kependudukan baik itu KK, KTP elektronik, akta kelahiran, akta kematian, akta pengangkatan atau pengakuan anak serta dokumen kependudukan lainnya,” ujar Dadang

Dadang mengungkapkan kendala dalam proses Adminduk yang dihadapi selama ini, yaitu ketersedian perangkat IT serta jaringan. Namun, pihaknya juga berupaya untuk mengatasi dengan solusi salah satunya pengadaan alat baru. “Secara bertahap akan ada pengadaan alat yang baru, sebagian tahun ini akan ada perangkat baru. Sebagian lagi tahun depan dan kita akan tingkatkan kapasitas jaringan juga sistemnya,” katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Subang H. Ating Rusnatim SE yang langsung meresmikan kegiatan berharap adanya program GISA dari Disdukcapil dapat berpartisipasi aktif dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP.

Mengingat dokumen kependudukan merupakan data yang digunakan beberapa OPD seperti Dinkes, Disdikbud, Dinsos, dan Kemenag.

“Terlebih untuk pelaksanaan Pilkada Serentak pada Juni mendatang, tentunya data pemilih berdasarkan KK dan KTP elektronik yang aktif dan terdaftar di sistem Adminduk,” imbuhnya.

Ating menyampaikan, semua pihak harus bisa belajar dari pengalaman sistem adminduk yang tidak tertib kerap menimbulkan persoalan. Sehingga kepentingan masyarakat terabaikan. Maka dari itu, ia mendorong masyarakat untuk berinisiatif melakukan perekaman eKTP, agar hak yang dimiliki tidak terganggu akibat tidak tertib administrasi.

“Pemerintah banyak menurunkan program ke daerah, jangan sampai penerima program yang berhak ini tidak bisa memanfaatkan bantuan ini gara-gara administrasi kependudukan yang kurang tertib,” jelas Ating.

Tidak hanya launching, pada kesempatan itu, masyarakat se-Kecamatan Binong di 8 Desa yang belum melakukan perekaman berbondong-bondong sejak pagi hari untuk melakukan perekaman.
Selain itu, dilakukan juga penandatangan MoU Disdukcapil dengan beberapa OPD yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Dinas Kesehatan.

Program GISA sendiri nantinya menyasar pada setiap kecamatan yang telah ditentukan satu desa GISA pada 30 Kecamatan yang ada di Kabupaten Subang.

Dalam kegiatan launching GISA tingkat Kabupaten sendiri dihadiri oleh Forkopinda Kabupaten Subang, Kepala OPD Se-Kabupaten Subang, para Camat, Dharmawanita, Ketua KPU Kab. Subang, Ketua Panwaslu.(ygi/dan)