Beranda EDUKASIA Atap Kelas Nyaris Roboh

Atap Kelas Nyaris Roboh

32
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES RUSAK PARAH: Atap salah satu ruang kelas di SMP Satu Atap (Satap) Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani, mengalami kerusakan parah.

Tunggu Janji Pemkab 2018 Mendatang

PURWAKARTA-Salah satu ruang kelas di SMP Satu Atap (Satap) Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani, mengalami kerusakan, terutama di bagian atapnya.

Karena hal ini, pihak sekolah pun terpaksa menghentikan kegiatan belajar mengajar (KBM) di ruang kelas yang nyaris roboh itu. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya korban karena kondisi ruangan di sekolah tersebut sewaktu-waktu bisa saja roboh.

“Melihat kerusakannya, kondisi ruangan ini sewaktu-waktu bisa saja roboh, sehingga ruang kelas ini terpaksa kita kosongkan. Ini untuk menghindari risiko menimpa siswa atau guru saat KBM,” kata Kepala SMP Satap Pasirmunjul Dudung, belum lama ini.

Dudung menuturkan kerusakan ruang kelas tersebut dipengaruhi kondisi tanah di wilayah Desa Pasimunjul yang labil. Bahkan tahun lalu, dua ruangan disterilkan dari aktivitas siswa lantaran mengalami keretakan akibat longsor.

“Memang kemarin ada bantuan dari Pemkab, yaitu pembuatan tembok penahan tebing. Hanya saja, untuk ruang kelas belum mendapat bantuan. Katanya sih nanti pada 2018 akan dapat peremajaan ruangan,” ujarnya.

Dengan 10 ruang kelas yang ada saat ini, tidak cukup menampung untuk 442 siswa sekolah dasar. Apalagi sepuluh ruang kelas tersebut juga digunakan untuk 268 siswa SMP. Sehingga para siswa harus belajar secara berhimpitan, karena masih terbatasnya sarana ruang belajar.

Pihak sekolah pun berharap, segera mendapatkan bantuan untuk perbaikan sarana belajar serta dapat membangun ruang kelas baru untuk para siswa. “Mudah-mudahan saja pada 2018 mendatang bisa segera mendapat bantuan, agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar dan nyaman,” ucapnya.(add/epl)