Beranda HEADLINE Aqua Subang Raih Penghargaan Pembayar Pajak Tepat Waktu

Aqua Subang Raih Penghargaan Pembayar Pajak Tepat Waktu

71
0

SUBANG-PT. Tirta Investama Aqua Subang kembali meraih pernghargaan dari Pemkab Subang. Kali ini, perusahaan yang bermarkas di Desa Darmaga, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, ini berhasil meraih penghargaan wajib pajak sebagai perusahaan pembayar pajak tanah dan bumi kategori I dengan tepat waktu.

Piagam penghargaan itu diserahkan langsung Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih dan diterima Zaenal Abidin, selaku Stake Holder Relation PT Tirta Investama Pabrik Subang, yang mewakili Kepala Pabrik Joko Prasojo.

Kepala Pabrik Aqua Subang, Joko Prasojo melalui Zaenal Abidin mengatakan, dalam kegiatan operasionalnya, Aqua memiliki komitmen ganda untuk menjaga keseimbangan antara keberlangsungan bisnis dan perkembangan sosial lingkungan di sekitar perusahaan. Komitmen tersebut diwujudkan melalui Aqua Lestari sebagai acuan pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan secara berkelanjutan.
“Seperti penyedian sarana air bersih, konservasi, pengembangan ekonomi masyarakat yang berbasis pemberdayaan masyarakat, dan program safety transportation berupa perbaikan jalan,” katanya.

Zaenal menuturkan, membayar pajak sudah menjadi kewajiban setiap warga negara untuk selalu taat pajak. Terlebih lagi perusahaan yang melakukan aktivitas di suatu daerah tentunya harus selalu taat membayar pajak sesuai regulasi yang ditentukan.
“Kami selalu berusaha untuk memenuhi kewajiban pajak dengan baik dan tepat waktu. Pembangunan yang dilakukan di Kabupaten kita ini, kan salah satunya dibiayai dari pajak, ” tandasnya.

Menurutnya, penghargaan diberikan untuk mendorong percepatan dan peningkatan pajak daerah, sehingga Pemerintah Kabupaten Subang melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) menggelar gebyar hadiah bagi wajib pajak, kolektor PBB, dan Petugas Dinas Lapangan (PDL), Jumat (9/2). Bagi perusahaan yang taat membayar pajak, diberikan reward dari Pemkab Subang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih mengatakan, program ini untuk mendongkrak pendapatan daerah dari sektor perpajakan daerah. Selain itu, ini juga sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak.
“Pajak ini kan buat modal pembangunan daerah. Jadi semua wajib pajak (WP) harus membayar pajak. Apapun bentuk pajak harus lunas, sehingga PAD kita jadi naik, modal pembangunan lebih banyak, kan masyarakat juga ikut menikmatinya, dari hasil pajak itu kita bangun infrastruktur,” katanya.

Pemkab Subang melalui BPKD melakukan kerjasama pembayaran melalui perbankan, yaitu bank bjb, yang kemudian dengan Alfamart serta Indomaret dan Kantor Pos. “Ini adalah langkah kita memudahkan pelayanan pajak daerah bagi wajib pajak. Target kita ya pengennya naik sampai Rp600 miliar,” ujarnya.

Gebyar hadiah ini juga sebagai upaya memotivasi wajib pajak agar melunasi pajaknya tepat waktu dan sebelum jatuh tempo. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Subang, H Syawal mengatakan, gebyar hadiah kali ini sebagai insentif bagi petugas pajak di lapangan dan pengusaha serta wajib pajak yang telah berkontribusi pada peningkatan pajak daerah dan melunasi pajaknya sebelum jatuh tempo. Sebagai upaya untuk meningkatkan target pajak daerah, pihaknya juga akan bekerjasama dengan sejumlah perbankan. Tak hanya itu, kerjasama kali ini juga melibatkan Alfamart dan Indomaret. “Tujuannya agar bisa melayani pembayaran pajak, terutama Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Reward ini kita berikan bagi WP yang taat dan melunasi pajaknya sebelum jatuh tempo, juga sebagai motivasi bagi pengelola pajak di lapangan seperti Kolektor PBB dan PDL,” tuturnya.(adv/vry/din)