Beranda SUBANG Anwar: Mayarakat Sulit Peroleh Buku Bacaan

Anwar: Mayarakat Sulit Peroleh Buku Bacaan

21
0
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES BAZAR: Pengunjung memilih buku di acara Bazar Buku Murah di Gedung Puri Kitri Kwarcab Subang, Senin (9/10).

SUBANG– Minat baca rendah, itu omong kosong. Yang ada sulitnya akses masyarakat untuk memperoleh buku bacaan. Hal itu dikatakan oleh Koordinator Lapangan Konsorsium Penerbit Yogyakarta, Anwar Agusabidin.
“Minat baca rendah itu omong kosong, yang ada buku gak sampai ke daerah-daerah,” kata Anwar kepada Pasundan Ekspres di acara Bazar Buku yang digelarnya di Gedung Puri Kitri Kwarcab Subang, kemarin.

Itulah mengapa, bazar buku tersebut diselenggarakan di daerah-daerah termasuk di Subang. Selain kepentingan komersil, mengajak baca masyarakat lebih penting.
“Kami tahu di daerah ada perpustakaan, tapi belum tentu perpustakaan itu bisa menarik minat masyarakat untuk membaca,” ungkapnya.

Biasanya kata dia, dengan adanya bazar buku apalagi murah, masyarakat lebih antusias datang.
“Meskipun ada yang tidak membeli, secara tidak langsung kan mereka datang ke bazar baca-baca buku,” ungkapnya.

Bazar yang digelar pada 9 hingga 18 Oktober itu menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 500 orang per hari. Dia melihat antusias masyarakat Subang cukup tinggi.
“Berdasarkan pengalaman kami sebelumnya, antusias masyarakat Subang cukup tinggi. Karakter masyarakat di sini, kalau sudah tahu dia akan bilang-bilang ke orang sehingga banyak yang datangnya,” jelasnya.

Dalam acara bazar buku murah itu berbagai jenis buku bacaan ada dari mulai bidang ekonomi, pendidikan, agama, sosial, kesehatan dan lainnya. Untuk konsumsi berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.(ysp/ded)