Beranda KARAWANG Antisipasi Calo, Terapkan Pelayanan TKI Satu Pintu

Antisipasi Calo, Terapkan Pelayanan TKI Satu Pintu

37
0
USEP SAEPULLOH/PASUNDAN EKSPRES TINGKATKAN LAYANAN: Kepala Disnakertrans Ahmad Suroto (kiri) mendampingi Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari saat melakukan kunjungan ke perusahaan-perusahaan, beberapa waktu lalu.

KARAWANG-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang masih memantapkan pelayanan terpadu satu pintu penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia.
“Pelayanan terpadu untuk TKI ini rencananya akan diujicoba pada Agustus ini,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, Ahmad Suroto, kemarin (14/8).

Dia mengatakan, pelayanan terpadu satu pintu penempatan dan perlindungan TKI merupakan gabungan layanan antar lembaga, seperti Disnakertrans, Polres Karawang, Dinas Kesehatan, Kantor Imigrasi, dan lain-lain.

Layanannya dilakukan secara terintegrasi, yakni melayani dokumen kependudukan, rekomendasi paspor, sertifikat kesehatan, pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan lain-lain.

Di antara tujuan pelayanan terpadu satu pintu penempatan dan perlindungan TKI ialah untuk menghindari kasus-kasus pemalsuan dokumen calon TKI yang selama ini terjadi di tingkat sponsor calon TKI. “Ini bentuk antisipasi dari maraknya sponsor calon TKI nakal,” katanya.

Dengan adanya layanan itu diharapkan akan memudahkan setiap calon TKI asal Karawang yang akan bekerja ke luar negeri.
“Kami mengimbau kepada masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri melalui jalur yang benar dan jangan menggunakan calon,” katanya. (use/din)