Beranda BANDUNG Ansor Cetak Ratusan Calon Kader Banser

Ansor Cetak Ratusan Calon Kader Banser

123
0

CILILIN – Sebanyak 500 santri perwakilan dari sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serba Guna (Banser) di Ponpes Pembangunan Sumur Bandung Cililin KBB, Sabtu (3/3). Mereka dilatih untuk disiapkan menjadi kader Banser yang bertugas untuk melindungi para Ulama.

Ketua PC GP Ansor KBB Cecep Nedi Sugilar mengatakan, diklatsar ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan GP Ansor dalam mencetak kader banser sebagai Badan Otonom (Banom) Nahdhatul Ulama (NU). Mereka di gembelng selama tiga hari mulai 2-4 Maret 2018.
“Ini kegiatan rutin PC GP Ansor KBB, diklatsar ini untuk mencetak kader banser di KBB,” kata Cecep.

Dia menambahkan, mereka digembleng untuk menjadi kader Banser yang bertugas menjaga para kiayi/ulama. Pasalnya, saat ini sedang marak kasus penganiayaan ulama sehingga menjadi perhatian khusus GP Ansor.
“Selain acara rutin, ini untuk memberikan rasa tenang kepada para kiyai yang akhir- akhir ini menjadi sasaran teror dari pihak pihak tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Satuan Komando Cabang (Satkorcab) Banser KBB, Habibulloh mengatakan pihaknya akan terus melakukan diklatsar untuk memperbanyak kader Banser. Sementara target tahun ini akan dilaksanakan dua kali diklatsar dengan peserta sebanyak mungkin.
“Peserta diklatsar ini utusan dari berbagai pondok pesantren se-KBB. Insya Allah untuk tahun ini akan di gelar dua kali diklatsar dan jumlah peserta lebih besar lagi,” katanya.

Sementara itu, hadir dalam kesempatan itu, Rois Syuriah PC NU KBB KH Aa Maulana Za, Camat Cililin, Kapolsek Cililin, dan Danramil Cililin. (Sep/ded)