Beranda PURWAKARTA Alumni Peringati Haul Pendiri Ponpes Bahrul Ulum

Alumni Peringati Haul Pendiri Ponpes Bahrul Ulum

41
0

SUBANG-Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Cigadung Subang menggelar acara Istighosah qubro. Selain untuk menyambut bulan suci Ramadhan, acara juga digelar dalam rangka Haul Alm KH Rustam Efendi. Sementara itu tausyiah agama disampaikan oleh Ustadz Dra Nur dari Kasomalang.

Dalam tausyiahnya, Hj Nur mengajak umat muslim harus memulayakan guru dan orang tua. “Saya bisa berceramah di depan jamaah sekalian, salah satunya berkah doa dari alm KH Rustam Efendi. Beliau adalah seorang sosok ulama yang kharismatik. Ketika saya mengaji di Pesantren Bahrul Ulum ini, saya berlatih ceramah di hadapan ibu-ibu majelis taklim yang bertempat di Ampere, dan itu terasa sampai sekarang ilmunya Insyallah bermanfaat,” ungkapnya di hadapan jemaah yang hadir.

Sementara itu cucu Alm KH Rustam Efendi, Iwan Kurniawan mengatakan, acara Haul kali ini untuk mengenang jasa perjuangan alm KH Rustam Efendi. “Beliau seorang ulama besar di Kabupaten Subang segenerasi dengan ketua MUI pada saat itu Alm KH Atang Abdul Kudus,” jelasnya.

Masih menurut Iwan, acara haul dihadiri para alumni Pesantren Bahrul Ulum tahun 1982. Sejak oleh alm KH Rustam Efendi pada tahun 1978, Pesantren Bahrul Ulum masih eksis hingga sekarang. “Meski tidak sedinamis ketika dipimpin oleh alm KH Rustam Efendi. Akan tetapi sejarah telah mencatat bahwa Pesantren Bahrul Ulum Cigadung ini sudah pernah dikunjungi oleh Menteri Agama RI saat itu H Alamsyah Ratu Perwira Negara pada tahun 1980. Kemudian tiga tahun berikutnya pada tahun 1983 untuk kedua kalinya oleh Menteri Agama Republik Indonesia saat itu H Munawir Sadjali MA,” tuturnya.

Ia berharap melalui kegiatan Haul kali ini, semua alumni bisa mewarisi ilmu alm KH Rustam Efendi dan mengenang perjuangannya saat mendirikan Pesantren Bahrul Ulum.(rls/din)