Beranda SUBANG Ajak Pemuda Cintai Budaya Tradisional

Ajak Pemuda Cintai Budaya Tradisional

69
0
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES SENI TRADISIONAL: Acara sisingaan di Desa Cisaat, Ciater beberapa waktu dalam peringatan kemerdekaan Indonesia. para pemuda sebagai penerus bangsa harus aktif dalam kegiatan-kegiatan seni budaya tradisional untuk melestarikannya.

SUBANG-Melestarikan seni budaya tradisional menjadi tanggungjawab bersama. Terutama bagi para pemuda sebagai penerus bangsa harus aktif dalam kegiatan-kegiatan seni budaya tradisional untuk melestarikannya.

Peran serta pemuda sangat diperlukan agar apa yang dibanggakan oleh para pendahulu tidak hilang begitu saja di tengah-tengah masyarakat.
Pengurus Karang Taruna Desa Cisaat, Uu Wawan Setiawan mengatakan, meskipun zaman sudah semakin modern tapi seni budaya tradisional harus tetap hadir di tengah-tengah masyarakat.

Jangan sampai perkembangan zaman membuat orang-orang lupa akan karya seni tradisional yang telah ada.
“Tanggungjawab kita adalah melestarikannya, bukan melupakannya. Itulah mengapa pemuda harus memperhatikan seni budaya tradisional yang ada agar jangan sampai dilupakan,” kata Uu kepada Pasundan Ekspres, kemarin.
Untuk melestarikannya, kata dia, tak hanya sebatas berbicara saja melainkan harus ada aksi nyata.

Seperti melakukan kegiatan pertunjukan seni budaya di desa dalam kegiatan peringatan kemerdekaan RI.
“Kami di sini bersama para pemuda dan masyarakat ikut melestarikan seni budaya tradisional yakni sisingaan dan gembyung. Meskipun terlihat sederhana, namun maknya dalam. Bahwa kita harus terus melestarikan seni budaya,” ujarnya.
Menurutnya, kegiatan tersebut selain memberikan hiburan bagi masyarakat juga ada unsur edukasinya. Terutama bagi anak-anak. Mereka menjadi tahu kesenian tradisional.
“Kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikannya,” pungkasnya.(ysp/tra)