Beranda KARAWANG 6 Mobil Hancur, Dua Motor Dibakar

6 Mobil Hancur, Dua Motor Dibakar

24
0
AEF SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES RUSAK: Sejumlah kendaraan rusak serta dua kendaraan sepeda motor hangus terbakar dalam aksi pengrusakan di depan Cafe & Resto Dewi Air, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kamis (12/10).

KARAWANG-Aksi pengrusakan kembali terjadi, kali ini diduga dilakukan massa Aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Peristiwa ini terjadi di jalan Interchange Karawang Barat, tepatnya di depan Cafe & Resto Dewi Air, Kampung Pasirpanggang Rt 06/03, Desa Sukamakmur, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kamis (12/10) pukul 13.30 WIB.

Sejumlah kendaraan rusak serta dua kendaraan sepeda motor hangus terbakar dalam aksi pengrusakan tersebut. Diketahui, kendaraan tersebut merupakan milik anggota LSM Buas, LSM yang belum lama ini dideklarasikan pembentukannya.
Dari pantauan di lokasi, suasana tiba-tiba mencekam, usai sejumlah kendaraan yang terparkir di parkiran Dewi Air langsung dirusak sejumlah massa LSM, bahkan ada ada yang sampai dibakar.

“Dari informasi sementara, kendaraan yang dirusak di parkiran Cafe & Resto Dewi Air tersebut adalah kendaraan dari kami (anggota LSM Buas) yang sedang makan siang usai melaksanakan unjuk rasa di Pemda Karawang. Sedangkan yang merusak diduga massa dari gabungan aliansi LSM NKRI, Gibas Cinta Damai, BPPKB Banten dan GMBI,” kata Toni Damanik, Sekjend LSM Buas, Kamis (12/10).

Toni menuturkan, pengrusakan berawal dari iring-iringan puluhan kendaraan roda dua dari arah Grand Taruma yang akan menuju PT. Daihatsu Kawasan Industri Suryacipta. Kemudian, massa LSM langsung melakukan pengrusakan ke sejumlah kendaraan milik kelompok LSM Buas yg sedang terparkir di parkiran Cafe & Resto Dewi Air.

“Jumlah kami hanya sekitar 15 orang, kami pun tidak melawan. Kami juga masih dalami penyebab pengrusakan tersebut terjadi,” terangnya.

Polisi yang datang ke lokasi langsung memasang police line guna kepentingan penyelidikan. Sementara itu sebanyak 6 mobil mengalami kerusakan dibagian body dan kaca mobil dan dua unit sepeda motor hangus terbakar,” bebernya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Karawang, AKP Maradona Armiin Mappaseng mengungkapkan tengah memburu para pelaku pengrusakan tersebut. Dengan dibantu jajaran polsek, pihaknya tengah melakukan sweeping ke masing-masing sekertariat dari gabungan LSM tersebut.

“Kami sedang melakukan pengejaran, nanti hasilnya akan di informasikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Polisi menduga aksi penyerangan tersebut dilatarbelakangi adanya indikasi bahwa LSM Buas ada dalam gabungan aliansi LSM Ormas Karawang (BARAK, KPMP, BANASPATI & PENA) yang sedang mempermasalahkan pengelolaan limbah di PT. Daihatsu di Kawasan Industri Suryacipta, yang dimana saat ini untuk pengelolaan limbah tersebut dikelola oleh mitra kerja dari Aliansi Lsm/Ormas (GMBI, Laskar NKRI, Gibas Cinta Damai & BPPKB Banten). (aef/tra)