Beranda PURWAKARTA Tagetkan TPD di Setiap Desa

Tagetkan TPD di Setiap Desa

70
0

PURWAKARTA– Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Aula Janaka Komplek Kantor Pemkab Purwakarta, Senin (7/5).

Menurut Penjabat Bupati Purwakarta, M Taufiq Budi Santoso, terdapat penurunan realisasi dari pelaksanaan program KB di Purwakarta.
“Data yang tadi disampaikan ada penurunan realisasinya karena ada pengaruh juga dari perubahan kelembagaan dan anggaran,” ungkap Taufiq usai berikan sambutan.

Kedepan, Taufiq yakin program pelaksanaan KB di Purwakarta akan berjalan dengan baik dan berhasil. “Sosialisasi harus terus dilaksanakan, penyuluh harus diadakan. Termasuk adanya Tenaga Penggerak Desa (TPD) yang berperan penting sebagai ujung tombak pelaksanaan program KB di Purwakarta,” jelasnya.

Taufiq sendiri berharap di tahun 2019, semua desa di Purwakarta memiliki satu TPD di setiap desa. “Insaallah di 2019, satu desa satu TPD,” ucapnya.
Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan untuk di Purwakarta sendiri peran program KB harus juga didukung oleh pendekatan tokoh agama.
“Purwakarta kan kita lihat warganya relijius, jadi pendekatan tokoh agama untuk membantu program KB juga penting. Terpenting sosialisasi komunikasi informasi edukasi (KIE) terus gencar dilakukan,” jelasnya.(dyt/ded)