Beranda PURWAKARTA 38 Calon Jaksa Dinilai Mampu Aplikasikan Teori

38 Calon Jaksa Dinilai Mampu Aplikasikan Teori

49
0
ISTIMEWA POSITIF: 38 calon jaksa berfoto bersama sesaat setelah penutupan PKL PPJ. Ke-38 calon jaksa tersebut mendapat penilaian positif dari Kasi Intel Kejari Purwakarta Adhy Kusumo Wibowo SH MH.

Seminggu Melaksanakan PKL PPJ di Purwakarta

PURWAKARTA-Sebanyak 38 calon jaksa yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Pendidikan Pembentukan Jaksa (PPJ) di Purwakarta mendapat penilaian positif dari Kasi Intel Kejari Purwakarta Adhy Kusumo Wibowo SH MH.

Dirinya menilai ke-38 calon jaksa yang merupakan Kelas 9 Tahun 2017 tersebut, secara garis besar sudah bisa mempraktikkan berbagai materi yang telah dipelajarinya di lapangan.

“Ke-38 calon jaksa dari berbagai daerah di Indonesia ini selama tujuh hari (seminggu, red) menggelar PKL di Purwakarta. Secara keseluruhan mereka sudah dapat mempraktikkan ilmunya di lapangan,” kata Adhy kepada koran ini saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/10).

Dijelaskan Adhy dalam satu angkatan itu ada 9 kelas, di mana tiap-tiap kelas disebar ke berbagai daerah di Indonesia untuk melaksankan PKL PPJ. Ada pun Kelas 9 melaksanakan PKL PPJ di Purwakarta.

“Kelas 9 ini terdiri dari 38 siswa, dan selama di Kejaksaan Purwakarta mereka di melaksanakan praktik persidangan di Pengadilan Negeri. Mereka juga mempelajari administrasi di seksi intel, pidum (pidana umum, red), pidsus (pidana khusus, red) dan datun
(perdata dan tata usaha negara, red),” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, ke-38 calon jaksa itu juga mengikuti praktik penyuluhan hukum, membuat materi penyuluhan, hingga mempraktikkan materi kemuspidaan dengan bertemu langsung Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH yang menjelaskan tentang pengelolaan APBD di Purwakarta.

“Selama PKL PPJ di Purwakarta yang menilai adalah para kasi di Kejaksaan Negeri Purwakarta,” kata Adhy.

Dirinya menambahkan, pada penutupan PKL PPJ, Senin (9/10), para calon jaksa diajak mengenal budaya Purwakarta dengan mengunjungi Museum Diorama Purwakarta dan Nusantara, serta berkunjung ke Bale Indung Rahayau.

“Prosesi penutupan PKL PPJ dilaksanakan di Istora Jatiluhur yang ditandai dengan penyeraham siswa PPJ dari Kejaksaan Purwakarta kepada Widyaiswara Badan Diklat Kejaksaan RI,” ucapnya.(add/epl)