Beranda EDUKASIA 216 Maba Dinyatakan Lulus Mokaku UPI

216 Maba Dinyatakan Lulus Mokaku UPI

241
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES PENUTUPAN: Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta mengikuti Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) UPI Kampus Purwakarta 2017. Kamis (31/8)

PURWAKARTA-Sebanyak 216 mahasiswa baru (maba) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikat setelah mengikuti Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) UPI Kampus Purwakarta 2017.

Hal tersebut disampaikan Wakil Direktur UPI Kampus Purwakarta DR H Agus Muharam M.Pd pada upacara penutupan Mokaku UPI 2017 dengan tema “Senarai Asa Integritas Jiwa, Gelorakan Pendidikan Indoesia” yang berlangsung di Aula UPI Kampus Purwakarta, Kamis (31/8) sore.

“Pada upacara penutupan ini saya nyatakan ke-261 mahasiswa baru yang mengikuti Mokaku UPI 2017 dinyatakan lulus semua,” kata Agus yang disambut riuh tepuk tangan para peserta Mokaku.

Dirinya mengingatkan, Senin depan sudah mulai masuk masa perkuliahan. “Sebagai mahasiswa, terlebih mahasiswa baru harus semangat, harus serius mengikuti perkuliahan. Kehadiran harus 100 persen,” ujarnya.

Agus menambahkan, selain aktif dalam kegiatan intrakurikuler di kampus, mahasiswa baru juga harus aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. “Silahkan kalian (mahasiswa, red) memilih ekstrakurikuler apa yang kalian suka. Mahasiswa itu harus aktif baik intra mau pun ekstrakurikuler. Apakah itu di bidang seni, olahraga, dan lainnya,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus menyebutkan, ke depan akan diupayakan minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa UPI sebesar 3,5. “UPI satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Purwakarta. Karena itu kalian harus bangga dan terus semangat meningkatkan prestasi. IPK tidak boleh ada yang di bawah 3, ingat lulusan kemarin IPK tertinggi 3,8 lebih, itu harus jadi acuan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Mokaku UPI 2017 Trisna Hadi mengatakan, masa orientasi wajib diikuti seluruh mahasiswa yang nantinya menjadi salah satu syarat kelulusan. “Masa orientasi juga memiliki arti penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal kampusnya terlebih dahulu. Transisi dari seorang siswa menjadi mahasiswa dimulai dari masa orientasi,” ujarnya.

Trisna juga menyebutkan, mahasiswa merupakan agent of change di berbagai bidang, baik itu di lingkungan keluarga, kampus, dan masyarakat. “Melalui Mokaku diharapkan mahasiswa baru bisa aktif di organisasi mau pun di masyarakat. Kampus juga bisa lebih maju dan berprestasi,” kata dia.

Hal senada disampaikan Ketua BEM UPI Rifqi Abdul Basith. Dirinya mengatakan, selama empat hari digelar, Mokaku dapat berlangsung dengan baik. “Mokaku sukses memicu dari seorang siswa menjadi mahasiswa. Selesainya masa orientasi merupakan titik awal menjadi seorang mahasiswa, karena itu jadilah mahasiswa yang ideal,” ujarnya.

Mokaku UPI 2017 sendiri berlangsung selama empat hari mulai dari 28 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2017. Sebanyak 216 mahasiswa baru yang mengikuti Mokaku merupakan mahasiswa dari dua jurusan, keduanya adalah jurusan Pendidikan Guru SD (PGSD) sebanyak 190 mahasiswa dan jurusan Pendidikan Guru PAUD (PGPAUD) sebanyak 71 mahasiswa.

Ada pun selama empat hari para peserta Mokaku UPI 2017 diberikan materi tentang kelembagaan, 4 pilar kebangsaan, kemahasiswaan, serta etika dan motivasi.(add/epl)