Beranda PRO DESA 2020, Desa Gudang Kahuripan Bebas Kumuh

2020, Desa Gudang Kahuripan Bebas Kumuh

34
0
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES TARGET PROGRAM: Dana melalui program kotaku akan menuntaskan kawasan kumuh di Desa Gudang Kahuripan. Tahun 2020 ditargetkan Desa Gudang Kahuripan bebas kumuh.

LEMBANG– Ditargetkan sampai dengan tahun 2020, Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, tidak akan ada lagi daerah kumuh.

Menurut Kepala Desa Gudang Kahuripan Agus Karyana, diperkirakan mencapai 12 Milyar, dana melalui program kotaku akan menuntaskan kawasan kumuh di Desa Gudang Kahuripan.

“Program kotaku ini sudah mulai sejak tahun 2015. Banyak capaian pembangunan merupakan bantuan dari program kotaku,”kata Agus, Kamis, (9/11).

Pembangunan yang telah dilaksanakan dari bantuan dana anggaran tahun 205-2016 sebesar Rp350 juta di RW 5 dan RW 15 digunakan untuk SPAL saluran (pembuangan air limbah), septictank komunal, drainase dan rabat beton.

Agus mengatakan, program yang masuk kawasan Kolaborasi SK bupati. Yakni RW 5, RW 15, RW 6, RW 12. “Rencana anggaran tahun 2017, Rp500 juta, yang sudah cair 60 persennya, 2018, rencana 1,5 m, dan total sampai tahun 2020 diperkirakan akan mencapai 12 M,” ucapnya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan ada tujuh indikator yang menjadi fokus pembangunan program kotaku yaitu, penyediaan air bersih, sanitasi, penanggulangan sampah, septictank komunal, rutilahu, jalan minimal 1,5 m, penanggulangan kebakaran.

Melalui program kotaku, Agus berharap, masyarakat dapat merasakan adanya peran pemerintah yang terus memperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan hidup berupa kenyamanan disekitar tempat tinggalnya.

“Salah satu indikator masyarakat meningkat kesejahteraanya adalah mereka betah tinggal di lingkungannya. Oleh karena itu pemerintahan Desa Gudang Kahuripan terus memberikan peningkatan pembangunan dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,”tandasnya. (eko/tra)