Beranda PURWAKARTA 100 Persen Fiber Optic, Purwakarta Jadi Modern City

100 Persen Fiber Optic, Purwakarta Jadi Modern City

129
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES SALING MENDUKUNG: Kepala Kandatel Purwakarta, Tavip Jaya (kanan) bersama Kepala Pasundan Ekspres Biro Purwakarta Ochie Rachmawati usai penandatanganan perpanjangan kerjasama.

Raih Penghargaan Kementerian Komunikasi dan Informasi

PURWAKARTA-Percepatan dan penetrasi yang dilakukan Kantor Daerah Telkom (Kandatel) Purwakarta dalam usahanya mengganti jaringan tembaga menjadi 100 persen fiber optic sepanjang tahun 2017 lalu membuahkan hasil. Di antaranya, mendapatkan penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta penghargaan dari Telkom Pusat.

Kepala Kandatel Purwakarta, Tavip Jaya mengatakan, berkat beberapa penghargaan tersebut, Kabupaten Purwakarta terpilih menjadi Modern City.
“Pada 2018 ini Telkom menggarap beberapa kabupaten/kota untuk menjadi Modern City, khususnya terkait layanan Telkom. Dan Purwakarta dengan penetrasi layanan berbasis IT yang disupport oleh Telkom dan pemerintah setempat, terpilih sebagai Modern City,” ujarnya kepada koran ini saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (14/4).

Tavip mencontohkan, di beberapa titik keramaian di Purwakarta sangat mudah untuk mendapatkan akses internet, yakni melalui WiFi Corner. “Bahkan, khusus di area Taman Air Mancur Sri Baduga disediakan akses poin gratis,” kata Tavip.

Pun halnya pembenahan jaringan dari tembaga ke fiber optic khusus di wilayah kecamatan kota sudah nyaris 100 persen. “Kami ingatkan jika ada petugas berseragam Telkom lengkap dengan surat tugas maka mereka sedang menjalankan tugas mengganti jaringan tembaga ke fiber. Kami ingatkan juga petugas kami tidak akan meminta biaya apa pun alias gratis. Adapun biaya pasang baru tidak dilakukan secara cash and carry, melainkan ditagihkan pada billing pertama. Jadi pakai dulu, baru bayar,” ujarnya.

Dengan menjadi Modern City, sambungnya, warga Purwakarta, khususnya para pelanggan Telkom dapat dengan mudah mendapatkan manfaat layanan Indihome dengan triple play-nya, yakni telepon, internet, dan IPTV. “Setelah wilayah kecamatan kota, kami akan menyasar wilayah lainnya seperti Kecamatan Plered, Wanayasa, dan lainnya,” kata Tavip.

Sementara itu, terkait perpanjangan MoU dengan Pasundan Ekspres, Tavip optimis akan terus menunjukkan manfaat bagi keduanya. “Kemitraan ini ibarat mutualisme, saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Ke depan semoga bisa terus terjalin lebih baik lagi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Pasundan Ekspres Biro Purwakarta Ochie Rachmawati. “Kemitraan yang sudah berjalan nyaris 10 tahun ini menunjukkan komitmen dan kerjasama yang solid antara Telkom Purwakarta dan Pasundan Ekspres,” ucapnya.(add/din)