Beranda KARAWANG 10 Gudang Beras Bulog Karawang-Bekasi Surplus

10 Gudang Beras Bulog Karawang-Bekasi Surplus

80
0
AEF SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES STOK BERLIMPAH: Surplus beras terjadi di 10 gudang milik Bulog Subdivre Karawang-Bekasi mencapai 30 ribu ton karena permintaan beras menurun selama bulan ramadhan.

KARAWANG-Permintaan beras antar gudang antar provinsi (Movenas) dan kabupaten/kota di Jawa Barat (Moveregion) kepada Bulog Subdivre Karawang-Bekasi menurun di sepanjang Bulan Ramadan.
Akibatnya, surplus beras terjadi di 10 gudang milik Bulog Subdivre Karawang-Bekasi mencapai 30 ribu ton.
“Permintaan Movenas dan Moveregion ini menurun di bulan Ramadan. Karena kita memenuhi seluruh pasokan antar gudang di wilayah pulau Jawa dan antar Kabupaten/Kota di Jawa Barat sudah kita kirim, ” kata Wakil Kepala Bulog Subdivre Karawang-Bekasi, Khuardi, kemarin.
Ia mengatakan pengiriman beras antar gudang ini dilakukan ketika permintaan disesuaikan dengan surplus di gudang Karawang-Bekasi.
“Karena kita penuhi terlebih dahulu kebutuhan kita. Tetapi saat ini surplus kita mencapai 30 ribu ton beras. Semuanya beras impor yang paling banyak, ” katanya.
Sebelumnya untuk movenas pihaknya telah mengirim 7500 ton beras ke wilayah Papua, Aceh, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.
“Jawa, sulsel, Lampung dan nusa tenggara barat ini merupakan daerah penyuplai beras. Wilayah yang lain daerah penerima, ” katanya.
Sedangkan untuk moveregion, pihaknya sudah mengirimkan 16.500 ton beras ke sejumlah Kabupaten /kota di Jawa Barat.
“Sedangkan kebutuhan kita sendiri untuk Kabupaten Bekasi dan Karawang ini mencapai 11 ribu ton, ” katanya.
Untuk serapan gabah sendiri, Subdivre Bulog Karawang-Bekasi bisa mencapai 500 ton gabah perhari dengan kerjasama mitra, satgas dan dua penggilingan besar yakni PT IBU dan JSI. “Kapasitas kita mencapai 115 ribu ton beras,” terangnya.(aef/tra)